Senin, 30 Januari 2012

Penggunaan Ponsel pada Jam pelajaran, Baik atau Buruk?



Penggunaan Ponsel pada Jam Pelajaran, Baik atau Buruk?

Remaja saat ini tidak pernah lepas dari ponsel mereka, kemanapun dan dimanapun mereka berada, mereka selalu bersama ponsel. Mungkin bisa dibilang mereka mengalami kecanduan pada ponsel. Bukan. Bukan ponsel, melainkan pada program yang ada pada ponsel mereka."Semakin canggih posel yang kau miliki saat ini, maka kamu terlihat semakin gaul". Itulah semboyan pergaulan remaja saat ini. Tak heran remaja selalu bersama ponsel mereka kemanapun mereka pergi, termasuk ke sekolah. Semua itu mereka lakukan demi tingginya pangkat mereka dalam pergaulan, bahkan fungsi ponsel sebagai alat komunikasi pun telah mereka acuhkan.
Seperti yang telah saya katakan, sekolah menjadi salah satu tempat bagi remaja untuk memamerkan harta kekayaannya, ponsel canggih contohnya. Padahal sudah tampak di tata tertib sekolah, bahwa siswa dilarang membawa ponsel.
Mengapa pihak sekolah melarang siswanya membawa ponsel ke sekolah? Alasan pertama, karena pihak sekolah tidak ingin siswanya terganggu oleh ponsel yang mereka bawa,contohnya  mereka “sms-an”  ketika KBM berlangsung.
Kedua, karena sekolah tidak menghendaki terjadinya diskriminasi antara si miskin dan si kaya. Maksudnya, di beberapa sekolah pasti berlaku hukum : “sekolah sebagai ajang gaul”. Jadi ketika si kaya memamerkan ponsel canggihnya pada (maaf) si miskin dan semua anak-anak di sekolah tentunya, dan si miskin tidak mampu memiliki ponsel seperti si kaya, maka si miskin akan merasa terkucilkan karena banyak anak di sekolah lebih memilih berteman dengan si kaya.
Di sisi lain, penggunaan ponsel pada jam pelajaran juga mampu dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Contohnya, beberapa hari yang lalu guru bahasa indonesia saya menyuruh kami membawa ponsel untuk bahan pembelajaran. Disana, guru kami menyuruh lima belas siswa untuk maju ke depan. Mereka akan mengirim penggalan-penggalan puisi kepada temen sebangku mereka, yang nantinya akan disusun menjadi sebuah puisi. Dengan begitu, pelajaran tersebut tidak terasa “absurd” melainkan berubah menjadi “fun learning”. Hal tersebut sangat diperlukan untuk menumbuhkan minat siswa pada sebuah mata pelajaran yang mereka anggap akan jadi mata pelajaran yang membosankan.
Jadi, penggunaan ponsel pada jam sekolah punya dua sisi. Sisi positif dan sisi negatif. Tringgal bagaimana pihak sekolah menyikapi sisi positif penggunaan ponsel pada jam pelajaran dan pihak siswa bisa menggunakan ponsel secara bijaksana.
Rindang Maulidia

X-10/23

1 komentar:

tadewijackyl mengatakan...

Harrah's Resort Southern California - MapyRO
Find hotels, 출장샵 motels, and places 의정부 출장마사지 to 영천 출장안마 stay closest to Harrah's Resort Southern 나주 출장샵 California in Funner. MapyRO 고양 출장마사지 users can check-in,

Posting Komentar