Kamis, 26 Januari 2012

Kantin Kejujuran :)

Oleh: Devita Putri M.W (06)


Kantin merupakan salah satu tempat favorit bagi para pelajar untuk melepas penat setelah memeras otak di dalam kelas. Biasanya, kantin terdiri dari satu penjual dan satu pembeli. Penjual bertugas untuk melayani pembeli.
                Akan tetapi, sebuah kantin yang terdapat  di SMA N 1 Salatiga tidak seperti itu. Dikantin ini, anda  tidak akan menjumpai satu orang pun yang bertugas sebagai penjual. Maka dari itu, di kantin ini pembeli harus melayani dirinya sendiri. Kantin ini dinamakan kantin kejujuran.
                Kantin kejujuran ini memang baru saja di buka. Akan tetapi, kantin kejujuran ini mendapat tanggapan yang cukup bagus dari para siswa. Dikantin kejujuran ini para siswa dituntut untuk bersikap jujur saat membeli, karena di kantin ini para siswa harus melayani dirinya sendiri saat akan membeli barang, termasuk saat mengambil uang kembalian.
                Maka, dapat disimpulkan selain bermanfaat sebagai tempat melepas penat bagi para siswa, kantin kejujuran ini dapat juga digunakan sebagai media penyalur pendidikan karakter yang diberikan SMA N 1 Salatiga kepada para siswanya.
                Di dunia ini tidak ada sesuatu yang sempurna. Nah, termasuk kantin ini juga. Kantin kejujuran ini memiliki kekurangan. Misalnya saja ada siswa yang tidak bersikap jujur. Bukannya mendapat untung dan bermanfaat malah akan merugi dan merusak moral siswa. Siswa yang mengambil barang seenaknya saja tanpa membayar dikantin ini akan ketagihan untuk berperilaku seperti itu terus menerus.
                Akan tetapi, kantin ini akan berhasil membentuk karakter dan untung apabila para siswa berpartisipasi dengan baik, yaitu dengan bersikap jujur. Sayangnya belum banyak sekolah yang menggunakan kantin kejujuan semacam ini sebagai media penyalur pendidikan karakter.
               

0 komentar:

Posting Komentar