Sabtu, 04 Februari 2012

Ponsel

“Ponsel.!” Istilah ponsel merupakan hal yang biasa di era modern ini. Misalnya saja di kalangan remaja, “HP ku, jiwa ku” mungkin begitu pengakuan beberapa remaja yang sangat cinta dengan ponsel. Memang, di jaman ini siapa yang tidak butuh ponsel? Mulai dari anak kecil hingga yang dewasa pun sudah melekat dengan benda kecil ini, dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, ponsel membuat setiap pengguna nya merasa nyaman.
                Ponsel, atau yang biasa disebut dengan telepon genggam, pertama kali dibuat oleh Martin Cooper pada tahun 1973, dengan tujuan memudahkan komunikasi antar pengguna telepon genggam. Awalnya fungsi ponsel sama dengan telepon biasa, hanya saja bentuknya yang lebih kecil hingga dapat dibawa kemana saja dan juga tidak memerlukan kabel jaringan telepon, tetapi seiring berjalannya waktu, ponsel semakin berkembang dengan adanya berbagai fasilitas-fasilitas yang disediakan dalam benda kecil tersebut, selain digunakan untuk menerima panggilan, terdapat fasilitas lainnya seperti : SMS, MMS, MP3, Radio, dan ada juga fasilitas yang lain tergantung dengan kecanggihan masing masing ponsel.
                Di kalangan remaja ponsel sangatlah bermanfaat, terlebih di dalam komunikasi antar teman, ponsel memberikan kemudahan dalam berkomunikasi antar penggunanya. Misalnya saja dalam hal menanyakan tugas dari guru, bagi yang tempat tinggal jauh, pasti enggan datang ke rumah teman hanya untuk menanyakan tugas dari guru, dengan ponsel, kita dapat menanyakan tugas ke teman hanya dalam hitungan menit. Dengan ponsel juga, kita dapat menambah wawasan kita, asal ada fasilitas internet, kita bisa menjelajah dunia maya. Dengan internet pula kita bisa mendapat informasi dari dunia luar sana.
                Tapi tak semua fasilitas ponsel memiliki efek positif bagi lingkungan sekitarnya. Di kalangan remaja misalnya, banyak remaja yang iseng dengan cara menakuti masyarakat, lewat teror misalnya, banyak orang mengaku ditelepon orang yang tidak mereka kenali dan memberi informasi rumahnya akan dibom. Saat tes juga, kasus contek mencontek para siswa juga makin marak, terlebih lagi menggunakan fasilitas ponsel, mencontek jadi lebih mudah. Di dalam pelajaran juga tak jarang terlihat siswa sedang asyik berkirim pesan yang pastinya sangatlah mengganggu pelajaran . Tapi mungkin itu demi mengatasi kejenuhan mereka dalam pelajaran.
                Jadi begitulah, ponsel memiliki banyak manfaat baik manfaat positif maupun manfaat negatif. Kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Ambil baiknya dan buang negatifnya. 

Yohanes Dinar S.A. X-10 / 30

0 komentar:

Posting Komentar