Minggu, 05 Februari 2012

Dampak Handphone ( HP ) Untuk Pelajar

Handphone ( HP ) sudah merupakan hal yang tidak asing lagi untuk seorang pelajar. Untuk lingkungan SMA N 1 Salatiga, hampir semua pelajar di sini memiliki HP, bahkan tak sedikit yang memiliki HP lebih dari satu di kantongnya. Hal ini dikarenakan HP saat ini sudah semakin cangih dan semakin simple dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Bahkan tak jarang pelajar menyatakan bahwa ‘tak bisa hidup tanpa handphone’, ‘hidup seakan hampa tanpa handphone’ atau kalimat-kalimat lain yang sejenis dengan itu.
Sebenarnya jika dimanfaatkan dengan baik, HP memiliki sisi positif untuk pelajar, seperti :
1.    Mempermudah komunikasi : Misalnya saat kita ingin bertanya materi / tugas pelajaran kepada guru, kita tidak perlu repot untuk ke rumahnya, melainkan cukup dengan mempergunakan benda kecil itu kita dapat berkomunikasi dengan guru kita.
2.  Menambah pengetahuan :  Saat kita akan mencari tugas atau bahan pelajaran, kita bisa menggunakan HP tersebut untuk menjelajah ke internet dan kita akan menemukan banyak hal untuk pengetahuan kita.                                                                      
3.      Memperluas jaringan persahabatan

Namun, seperti koin yang memiliki dua sisi, HP pun memiliki dua sisi yaitu sisi negatif dan sisi positif. Di sinilah biasanya pelajar masih terperangkap sisi negatif dari HP. Pelajar belum bisa memanfaatkan kelonggaran dari sekolah ( yang memperbolehkan pelajar membawa HP )  dengan baik. Beberapa dampak negatif HP untuk pelajar :

1.    Mengganggu perkembangan : dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di HP ( Kamera, Games, dll ) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang pelajar di sibukkan dengan menerima panggilan, sms, dari teman atau bahkan keluarga sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan / ujian.
2.   Efek Radiasi : penggunaan HP berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya pelajar lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan HP.
3.      Rawan terhadap tindak kejahatan.
4.      Menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat.
5.      Berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
6.      Pemborosan.
7.      Membentuk sifat hedonisme.

Itulah dua sisi HP. Semua tergantung kepada penggunanya, bagaimana ia akan memanfaatkan
HP tersebut. Untuk pelajar, dapat mulai belajar memanfaatkan HP untuk hal yang positif. Kurangi intensitas menggunakan HP jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Dan usahakan jangan menggunakan HP saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kecuali untuk mencari bahan-bahan pelajaran. 

Oleh : Yosua Ivan Pradana ( X-10 / 31 )    

0 komentar:

Posting Komentar